Kirana Logistic | Jakarta – Anda ingin mengirimkan barang paketan ke daerah lain atau keluar negeri? Tentu saja semuanya harus dipersiapkan dengan sangat baik. Termasuk packing supaya barang tersebut bisa sampai ke tempat tujuan dalam keadaan aman.

Terlebih lagi bagi Anda seorang pebisnis online. Jangan sampai barang atau produk yang Anda kirimkan ke pembeli justru sampai dalam keadaan rusak, pasti pembeli tersebut akan kecewa.

 

Tips Menyiapkan Barang Paketan dengan Benar

Ada berbagai tips menyiapkan barang paketan yang bisa Anda lakukan yaitu :

 

Identifikasikan Jenis Barang

Pertama, silakan identifikasikan terlebih dahulu jenis barng yang akan dikirimkan. Membungkus barang pecah belah misalnya tentu saja tidak sama dengan mempacking barang yang bukan pecah belah.

Beda jenis barang, beda pula perlakuan dalam mempersiapkannya. Khusus barang pecah belah, mungkin memerlukan sedikit perhatian dan kehati-hatian ketika membungkusnya.

 

Menentukan Pembumgkus yang Tepat

Setelah mengidentifikasi jenis, langkah selanjutnya adalah menentukan pembungkus yang tepat untuk paket yang akan dikirimkan. Untuk diketahui, ada beberapa jenis pembungkus yang biasa digunakan yaitu amplop, kardus, plastik, dan kertas kado/kertas karon.

Amplop digunakan untuk membungkus dokumen atau surat-surat berharga, kardus digunakan untuk membungkus barang dalam jumlah yang agak banyak (misal pakaian beberapa stel), plastik dipakai untuk membungkus barang yang tidak mudah rusak ketika dibanting (misalnya akaian atau barang-barang lain yang berbahan plastik).

Dan yang terakhir adalah pembungkus kertas koran atau kado untuk membungkus barang yang tidak terlalu membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi.

 

Beri Perlindungan Ekstra Pada Barang yang Mudah Rusak

Khusus barang yang mudah rusak seperti gelas, mangkuk, piring, atau yang lainnya wajib untuk diberikan perlindungan ekstra. Tujuannya tentu saja untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin saja terjadi.

Misalnya melindungi bareng pecah belah menggunakan bubble wrap, styrofoam dan kayu. Bubble wrap dapat mengurangi kekuatan benturan ketika barang jatuh atau terguncang.

Maka dari itu, jika Anda mengirimkan barang yang rentan rusak sebaiknya bungkus dengan bubble wrap, kemudian styrofoam sebelum akhirnya diletakkan ke dalam box kayu.

 

Bila Perlu, Beri Stiker Peringatan

Jika diperlukan, Anda bisa memasang stiker peringatan pada kardus atau box berisi barang kiriman tersebut. Hal ini bertujuan semata-mata untuk menghindari resiko barang terbanting ketika proses pengiriman.

Apalagi jika barang yang Anda kirimkan adalah barang pecah belah. Dengan memasang stiker peringatan, membuat tim yang bertugas bisa lebih hati-hati dalam memberikan perlakuan terhadap barang kiriman Anda.

 

Kemas Rapi

Jika semuanya sudah siap, jangan lupa untuk mengemas barang atau paket tersebut secara rapi. Berikan juga tanda khusus yang membedakan antara barang Anda dengan gambar milik orang lain.

 

Cantumkan Alamat Penerima

Dan yang terakhir, cantumkan alamat penerima supaya ekspedisi bisa tahu kemana barang tersebut akan dikirimkan. Pastikan, Anda tidak salah dalam menuliskan alamat supaya paket bisa sampai tepat pada tempatnya.

 

Kirana Logistic, Jasa Ekspor Impor Terbaik

Bagi Anda yang ingin mengekspor barang keluar negeri, tapi belum mengantongi izin melakukannya tidak perlu bingung. Kami dari Kirana Logistic siap membantu Anda.

Kirana Logistic melayani jasa ekspor dan impor dari dan ke luar negeri tanpa batasan. Mau kirim sedikit maupun banyak tentu saja bisa, selama barang yang dikirimkan bukan barang-barang terlarang.

Jika ada pertanyaan atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui telepon +62 811-8474-113

Bagikan ke