KIRANA | Berbeda dengan waktu menggunakan jasa kirim barang antar kota, ada beberapa tips mengirim barang ke luar Pulau Jawa yang sebaiknya Anda ikuti. Sebab perjalanan panjang ke luar pulau punya resiko paket rusak atau hilang di tengah perjalanan lebih tinggi.

Bahkan perusahaan ekspedisi paling terkenal di Indonesia pun masih mendapatkan banyak komplain tentang masalah ini.

Tips Mengirim Barang ke Luar Pulau Jawa dengan Aman

Untuk Anda yang mau menggunakan jasa pengiriman barang murah antar pulau, sebaiknya pelajari dulu beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan Pengemasan Barang Dibuat Seaman Mungkin

Packaging atau pengemasan akan jadi faktor paling penting apakah barang sampai ke penerima dengan selamat atau tidak.

Anda semua pasti sudah tahu tentang pengemasan menggunakan bubble wrap atau pelindung sejenisnya. Bubble Wrap ini posisinya harus berada di dalam kardus packaging.

Selain itu beberapa jasa pengiriman barang besar menyarankan penggunaan packing kayu bila Anda mau mengirim barang elektronik atau barang pecah belah lain seperti keramik, patung, dan piring.

2. Tulis Alamat Penerima dengan Detail

Tidak seperti penggunaan jasa kirim barang antar kota, yang mana kita mungkin sudah familiar dengan nama-nama daerah dan kota alamat tersebut, seringkali waktu pengiriman antar pulau jadi semakin lama hanya karena penulisan alamat tidak jelas.

Masalah yang paling sering adalah karena nama daerah tidak ditulis dengan benar, bisa itu salah ejaan, nama jalannya salah, dan masih banyak lagi.

Karena kita tidak terlalu familiar dengan nama daerah di pulau tersebut, ejaan nama daerah yang salah tersebut membuat paket tersasar ke alamat lain.

Kalau perlu, cek dulu alamat yang sudah Anda tulis ke Google Map untuk memastikan apakan nama daerahnya sudah benar atau belum.

3. Tulis Nomor Telepon Penerima dan Pengirim di Tempat Paling Mudah Dilihat

Terakhir, pastikan Anda menulis nomor telepon penerima dan pengirim dari paket tersebut dengan ukuran paling besar, tepat di tengah packaging, dan tulisannya harus jelas. Bahkan kami sarankan menulis nomor teleponnya di dua posisi berbeda, misalnya di bagian atas dan bawah.

Karena kalaupun alamat yang ditulis tadi ternyata salah, pihak jasa kirim barang antar pulau tersebut bisa menghubungi penerima paket.

Di pengiriman antar kota sekalipun, banyak kasus dimana paket tidak sampai karena alamat tidak jelas dan tidak ada info nomor telepon pada paket. Akhirnya barang harus dikembalikan ke pengirim, yang mana akan memakan biaya cukup besar kalau dalam kasus pengiriman antar pulau.

Seperti itulah tips mengirim barang ke luar Pulau Jawa dengan aman. Selain mengikuti tips di atas, percayakan paket Anda ke Kirana Logistic untuk memastikan paket sampai ke pengirim dalam hitungan hari.[]

Bagikan ke