KIRANA | Beberapa dari Anda mungkin membutuhkan tips mengirim alat berat via darat. Mengingat jasa ekspedisi yang sangat banyak di Indonesia, tapi minim pelayanan untuk angkut alat berat. Sebab, pengiriman untuk benda semacam ini terbilang butuh persiapan dan perhatian khusus.

Mengingat betapa ribet dan susahnya penanganan pada alat berat. Maka, Anda sebagai customer pasti membutuhkan bagaimana tips mengirim alat berat via darat. Melalui artikel kali ini kami akan membahasnya untuk Anda.

Tips Mengirim Alat Berat Via Darat

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengirimkan alat berat pada sebuah ekspedisi. Lakukan beberapa poin penting berikut ini :

1. Periksa Izin Pengiriman Alat Berat
Seperti yang sudah Anda ketahui, proses pengiriman alat berat utamanya melalui darat cukup rumit. Maka, hal yang harus Anda lakukan yaitu memeriksa izin pengirimannya. Tujuannya agar Anda mengetahui rute-rute apa saja yang harus dilalui.

2. Lakukan Pengecekan Buku Manual Pada Alat Berat
Poin paling penting yang tidak boleh Anda abaikan pada tips mengirim alat berat via darat adalah pengecekan buku manual.

Di dalam panduan tersebut Anda bisa mempelajari bagaimana cara dan langkah yang harus dilakukan agar pengiriman alat berat terjaga dengan baik.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencari informasi melalui website sebuah brand alat berat. Di sana Anda akan menemukan banyak saran pengiriman alat berat agar aman hingga tujuan. Intinya lakukan observasi dan pengecekan secara berulang.

3. Beri Perlindungan Ekstra Pada Alat yang Rentang Ketika Packing
Perlu Anda ketahui bahwa pengiriman alat berat paling sering menggunakan trailer low bed atau angkutan dengan bak terbuka. Kondisi demikian membuat beberapa alat berat yang dikirim rentan terkena sinar matahari secara langsung, hujan, debu, maupun guncangan dalam perjalanan.

Untuk menghindari hal buruk yang bisa saja terjadi, Anda wajib melakukan perlindungan pada beberapa benda secara detail dan seksama. Utamanya pada bagian vital yang memiliki risiko keropos.Tetapi tenang saja, beberapa jasa pengiriman akan membantu Anda dalam proses packing yang baik.

4. Mempersiapkan Area untuk Bongkar Muatan
Apabila keseluruhan tips di atas telah Anda lakukan, maka poin terakhir yang tidak boleh terabaikan adalah area luas untuk proses bongkar muat. Area yang luas akan mempermudah Anda dalam membongkar barang dengan leluasa dan aman.

Apabila Anda minim area luas, sewa beberapa tempat atau diskusikan dengan jasa kirim yang Anda pilih. Tujuannya agar penerima dan pengirim tidak saling memberatkan dalam proses kerjasama.

Nah, itulah beberapa tips mengirim alat berat via darat yang wajib Anda perhatikan dengan seksama. Poin penting berikutnya adalah pemilihan jasa pengiriman terbaik dan terpercaya.

Salah satu rekomendasi jasa pengiriman alat berat yang menjamin keseluruhan proses berjalan dengan baik adalah Kirana Logistic. Selain memberikan fasilitas secara maksimal, Anda juga bisa mendapatkan harga terbaik sesuai dengan pelayanan.[]

Bagikan ke