Kirana Logistic | Jakarta – Kurir merupakan orang yang bertugas mengantar paket barang ke berbagai tempat. Biasanya kurir bekerja untuk perusahaan logistik atau perusahaan ekspedisi.

Kurir harus bekerja dari pagi sampai sore mengantarkan barang atau paket pesanan yang dibeli oleh seseorang. Sudah pasti bekerja sebagai kurir harus memiliki kemampuan fisik dan psikis yang sangat baik. Tidak hanya itu saja, seorang kurir harus bisa membaca peta.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh kurir adalah saat bekerja di musim penghujan. Bagaimanapun, mereka tidak mungkin libur kecuali pada hari libur nasional.

 

Menghadapi Musim Penghujan, Bagaimana Kerja Kurir Tetap Aman

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana kurir bisa bekerja dengan aman saat musim penghujan? Sebab jadi kurir saat hujan bukan tanpa resiko.

Bisa jadi barang yang hendak diantar menjadi basah karena terkena air hujan. Belum lagi masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat kurir kehujanan terus menerus.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena kami memiliki berbagai tips agar kurir bisa tetap bekerja dengan aman pada musim penghujan :

 

Bungkus Paket Menggunakan Bahan Tahan Air

Ketika hujan, kurir harus mempersiapkan semuanya dengan baik supaya paket tidak basah karena air hujan. Salah satu langkah antisipasi yang dapat dilakukan adalah dengan membungkus paket menggunakan bahan tahan air.

Anda bisa menggunakan pembungkus plastik karena bisa mencegah barang supaya tidak basah. Selain itu, pastikan alamat tujuan pengiriman tetap terlihat jelas walaupun terbungkus plastik dengan rapi supaya tidak terdapat celah yang membuat air tidak merembes ke dalam paket.

 

Menempelkan Stiker Fragile

Stiker fragile tidak hanya ditempelkan pada barang pecah belah saja. Semua barang beresiko mengalami kerusakan juga dapat ditempel stiker fragile.

Dengan adanya stiker fragile tersebut, tentu saja membuat kurir lebih berhati-hati dalam mengirimkannya. Terlebih lagi pada musim hujan, pastinya ada resiko barang mengalami kerusakan.

 

Memastikan Kondisi Motor dalam Keadaan Bagus

Supaya kurir bisa bekerja dengan aman, baik itu saat musim hujan maupun musim kemarau ssekali pun motor harus dipastikan dalam keadaan baik ketika hendak digunakan.

Terlebih lagi saat musim penghujan. Karena bisa jadi motor mengalami masalah karena mesinnya terkena air atau lumpur karena jalanan yang becek.

Cek kondisi rem, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, khususnya lampu depan, rem, belakang, sein, hazard supaya mudah terlihat oleh pengendara lain. Selain itu, jangan sampai Anda membawa motor dengan ban yang sudah aus karena kondisi jalan pasti licin saat hujan sehingga beresiko terjadinya kecelakaan.

 

Membawa Jas Hujan

Berkendara untuk keperluan apapun, termasuk bagi seorang kurir wajib hukumnya membawa jas hujan di saat musim hujan sudah tiba. Kalau Anda sampai tidak membawa jas hujan, lalu tiba-tiba di tengah jalan hujan deras, kemudian Anda tidak bisa mengantar paket tersebut ke tempat tujuan dengan cepat.

Akan tetapi, alangkah lebih baik jika tidak menggunakan jas hujan model plonco atau batman.

Daripada Anda diprotes oleh pelanggan karena lambat mengirim, lebih baik bawa jas hujan supaya tetap bisa diantar sampai tujuan. Selain itu bawa juga helm bervisor bening, sarung tangan, dan sepatu karet.

 

Itulah dia beberapa tips yang bisa diterapkan oleh kurir supaya tetap aman bekerja saat musim hujan. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah selalu berkendara dengan hati-hati, Hindari genangan air yang terlalu tinggi atau banjir agar air tidak masuk kedalam mesin.

Jika Anda membutuhkan jasa pengiriman murah di Bekasi dengan kurir profesional, Kirana Logistic adalah jawabannya.

Bagikan ke