KIRANA LOGISTIC | Ketika belanja online atau mengirim paket, pernahkah Anda diberi nomor untuk melacak pesanan dan paket Anda? Nah, nomor inilah yang disebut dengan nomor resi. Nomor ini memiliki fungsi yang penting bagi pengiriman barang karena dapat melacak keberadaan paket atau pesanan yang dikirimkan.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu nomor resi dan fungsinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Nomor Resi
Nomor resi adalah nomor yang diberikan oleh jasa ekspedisi atas paket yang dikirimkan. Nomor ini berfungsi sebagai nama atau identitas dari paket tersebut. Adanya nomor ini dapat membuktikan bahwa paket yang Anda kirimkan sedang dalam proses pengiriman.

Nomor resi juga dapat digunakan untuk melacak posisi paket atau pesanan Anda. Jadi begitu paket dikirimkan, akan langsung terlihat dimana posisi barang tersebut. Oleh karena itu, nomor resi sangat penting untuk dimiliki oleh Anda yang berbelanja online atau sedang mengirimkan paket.

Fungsi Nomor Resi
Seperti yang dijelaskan di atas, nomor resi memiliki fungsi yang sangat penting bagi proses pengiriman barang. Beberapa fungsi nomor resi antara lain:

1. Bukti Paket Telah Dikirim
Nomor resi dapat menjadi bukti bahwa paket sudah dikirimkan, baik oleh penjual online maupun oleh ekspedisi. Nomor ini akan langsung diberikan oleh ekspedisi ketika sudah menerima barang tersebut dan siap dikirimkan. Inilah yang membuat nomor resi menjadi pegangan bagi pengirim bahwa paket tersebut telah dalam proses pengiriman.

2. Identitas Paket
Fungsi nomor resi berikutnya adalah sebagai identitas dari sebuah paket. Identitas inilah yang membedakan antara paket satu dengan paket lainnya. Misalnya ketika paket nyasar atau terselip, paket akan mudah terlacak dengan nomor resi ini.

3. Melacak Paket
Berikutnya, fungsi nomor resi adalah sebagai alat untuk melacak paket. Nomor resi dapat mendeteksi dimana keberadaan paket serta posisi terakhirnya. Nomor resi dijadikan pegangan untuk mengetahui apakah paket sudah hampir tiba atau belum.

4. Mengambil Paket
Fungsi nomor resi yang terakhir adalah untuk mengambil paket di kantor jasa ekspedisi. Ketika paket dikirimkan ke rumah Anda namun rumah Anda tidak ada orang, maka paket akan dibawa kembali oleh kurir dan disimpan di kantor. Nantinya Anda bisa mengambil paket tersebut dengan menunjukkan nomor resi yang Anda miliki.[]

Bagikan ke